Minggu, 03 Maret 2019

Efek Bekam Pada Penyakit Asam Urat



Definisi Asam Urat (Gout)
Asam urat (Gout) adalah penyakit yang timbul akibat pengendapan kristal asam urat (uric acid) di persendian. Kebanyakan yang terkena asam urat adalah kaum pria dan jarang sekali menimpa orang - orang yang belum dewasa

Penyebab Asam Urat (Gout)
Peningkatan kadar asam urat dalam darah akibat kelebihan asupan zat ini ke dalam tubuh atau akibat kurangnya pembuangan zat ini dari tubuh, sehingga mengakibatkannya mengendap. Artinya, penyakit ini timbul akibat kelebihan konsumsi makanan yang mengandung asam urat seperti berbagai macam jenis daging merah dan kol, atau kurangnya pembuangan asam urat disebabkan oleh penyakit ginjal, misalnya, sehingga ia tidak bisa mengeluarkan asam urat dari darah.

Ada beberapa sebab lain yang bisa mengakibatkan timbulnya asam urat, seperti kurangnya produksi kelenjar tiroksin, kelaparan (diet ketat), atau konsumsi obat tertentu.

Gejala Asam Urat (Gout)
  1. Pada tahap awal kenaikan kadar asam urat dalam darah, tidak terdapat gejala apapun.
  2. Selang beberapa waktu, terjadi pengendapan kristal asam urat di persendian sehingga menimbulkan rasa nyeri yang hebat.
  3. Selang beberapa waktu kemudian, terjadi radang sendi yang banyak mengandung endapan asam urat, terutama pada persendian telapak kaki kecil yang disebut dengan artritis gout.
  4. Setelah mengalami peradangan, sendi memerah, panas, nyeri, dan bengkak (paling banyak terjadi pada telapak kaki, terutama sendi panmgkal ibu jari kaki) dalam beberapa kasus, gejala semakin hebat sehingga penderita asam urat tidak bisa memakai kaus kaki dan sepatu
  5. Terlalu sering berjalan kaki atau benturan kecil pada sendi bisa semakin memperparah rasa nyeri dan gejala asam urat


Efek Bekam Pada Penyakit Asam Urat
  1. Bekam bisa mengeluarkan kristal asam urat dari persendian dan jaringan di sekitarnya, sehingga rasa nyeri berkurang dan tidak terjadi peradangan, warna merah, atau pembengkakan pada persendian. Jika semua gejala ini benar - benar ada, ia akan berkurang secara bertahap.
  2. Bekam, melalui zat nitrit oksida (NO) berfungsi mengurangi pembengkakan sendi yang sakit.
  3. Bekam membuang zat prostaglandin dari tempat yang sakit sehingga mengurangi rasa sakit.
  4. Bekam memicu sekresi zat endorfin dan enkefalin di dalam tubuh yang berfungsi sebagai pereda nyeri alami.
  5. Jika ada masalah lain dalam tubuh yang menjadi penyebab terjadinya asam urat, seperti sakit ginjal, maka terapi bekam membantu meningkatkan kemampuan kerja ginjal dalam mengeluarkan kristal asam urat di dalam urin.



Sumber Tulisan : Dr. Ahmad Razak Sharaf "Penyakit dan Terapi Bekamnya"
Sumber Foto : Alodokter

Rumah Bekam Pontianak

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar