Senin, 04 Maret 2019

Efek Bekam Terhadap Rematik



Rematik (Rheumatoid Disease) adalah salah satu penyakit autoimun yang tidak diketahui penyebabnya.

Gejala Rematik
  1. Kekakuan di persendian pada pagi hari yang akan hilang sekitar 1 jam kemudian.
  2. Rasa nyeri ketika menggerakkan atau menekan persendian.
  3. Terjadinya peradangan sendi dan ini terjadi pada dua sisi.
  4. Kadang - kadang terjadi peradangan dan benjolan pada ligamen sendi.
  5. Terjadi kerusakan sendi, bisa dilihat dengan menggunakan sinar X
  6. Pengaruh rasa nyeri kadang - kadang berkembang ke luar persendian sehingga menimbulkan peradangan di mata, berpengaruh pada organ pernapasan, jantung, otot, dan saraf.
Efek Bekam Terhadap Penyakit Rematik
  1. Bekam berperan meningkatkan sirkulasi darah di sendi yang terkena rematik, menghilangkan peradangan pembuluh darah, dan mencegah terjadinya trombosis pada pembuluh darah kapiler dan pembuluh darah arteri sehingga mencegah pembengkakan membran sinovial yang menjadi sebab terjadinya sebagian besar perubahan pada persendian.
  2. Bekam menstimulasi keluarnya zat nitrit oksida dengan pelukaan bekam sehingga menyebabkan meluasnya pembuluh darah dan meningkatnya sirkulasi darah pada sendi, maka darah bisa mencapai saraf-saraf dan membran sinovial, lalu mengurangi peradangan.
  3. Zat nitrit oksida juga berperan sebagai katalis bagi zat morfin alami dalam tubuh (endorfin dan enkefalin) ke persendian yang terkena rematik, sehingga rasa nyeri berkurang.
  4. Bekam mengeluarkan zat prostaglandin dari persendian sehingga mengurangi rasa nyeri karena zat ini merupakan katalis yang mengirim rasa nyeri ke otak.
  5. Bekam mengatur kerja sistem kekebalan serta mengurangi efeknya terhadap organ-organ dan sel-sel tubuh.
  6. Jika kita melakukan terapi bekam sebelum terjadinya peradangan pada membran sinovial, maka tidak akan terjadi kelebihan produksi cairan sinovial sehingga tekanan di dalam persendian tidak meningkat serta tidak terjadi perubahan atau kerusakan pada tulang rawan sendi. Tidak terjadi pula kekurangan zat proteoglikan yang mensuplai nutrisi tulang rawan sendi.
  7. Bekam berperan meningkatkan sirkulasi darah di persendian sehingga mengurangi kram otot di sekitar sendi.
  8. Bekam juga berfungsi menyibukkan jalur-jalur rasa nyeri dengan stimulasi rasa nyeri yang ringan sehingga mencegah sampainya sinyal rasa nyeri ke otak.

Sumber Tulisan : Dr. Ahmad Razak Sharaf "Penyakit dan Terapi Bekamnya"
Sumber Foto : linikini

Rumah Bekam Pontianak

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar