Minggu, 10 Maret 2019

Efek Bekam Pada Penyakit Sakit Kepala


Sakit kepala bukan penyakit, melainkan gejala dari beberapa penyakit, seperti tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah, sakit gigi, sakit telinga, problem mata, sinusitis, anemia, menstruasi, sembelit, masalah psikologis, dan berbagai nyeri utamanya di leher, kram otot. Ada juga sakit kepala karena faktor yang berhubungan dengan pembuluh darah (vascular headache).

Definisi Vascular Headache

Vascular headache adalah sakit kepala yang disebabkan oleh peregangan atau penyempitan yang berlebihan pada pada arteri karotid eksternal. Kadang - kadang, kekurangan suplai darah ke otak ikut andil dalam meningkatkan sakit kepala. Hal itu akibat penyempitan arteri karotid internal dan cabang - cabangnya.

Gejala Vascular Headache
  1. Nyeri di kepala pada umumnya hanya sebelah
  2. Mual
  3. Muntah
  4. Kadang - kadang terjadi halusinasi penglihatan
  5. Kadang - kadang terjadi kebas dan tidak mampu bicara. Gejala kadang bertambah karena faktor kelelahan, kelebihan, atau kurang tidur, makanan seperti coklat dan alkohol, merokok, dan menstruasi.
Migrain (Sakit Kepala Sebelah)

Ada beberapa teori mengenai penyebab migrain dan apa yang terjadi pada kasus ini, diantaranya :
  1. Migrain terkait dengan sejenis transmiter saraf (neurotransmitters)  yang disebut serotonin. Migrain terjadi disebabkan oleh kelebihan sekresi transmiter saraf ini sehingga berpengaruh pada cabang - cabang saraf kelima (trigeminal nerve)  menyebabkan terjadinya peradangan pada saraf - saraf tersebut.
  2. Terjadi penyempitan pada arteri karotid internal dan cabang - cabangnya. Selanjutnya, terjadi peregangan pada arteri karotid eksternal dan cabang - cabangnya sehingga menyebabkan terjadinya pusing dan nyeri di kepala. Migrain juga bisa terjadi akibat kelebihan sekresi serotonin.
  3. Teori lain adalah teori masuknya kalsium kedalam sel - sel otak dan kedalam otot - otot di dinding pembuluh darah otak sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah otak. Selanjutnya terjadi peregangan pada pembuluh darah luar otak sehingga menyebabkan terjadinya pusing dan sakit kepala.
Efek Bekam Terhadap Migrain
  1. Bekam bisa mengendalikan kadar serotonin sehingga mencegah terjadinya peradangan pada saraf kelima, sehingga tidak terjadi sakit kepala.
  2. Karena bekam mengendalikan kadar serotonin, maka ia juga mencegah terjadinya penyempitan arteri karotid internal. Dari situ, bekam juga mencegah terjadinya peregangan arteri karotid eksternal sehingga tidak terjadi sakit kepala.
  3. Bekam juga bisa mengeluarkan unsur - unsur kalsium dari otot - otot pembuluh darah otak, sehingga tidak terjadi penyempitan pada pembuluh internal dan tidak terjadi peregangan pada pembuluh eksternal, sehingga bisa dicegah terjadinya sakit kepala.

Sumber tulisan : Penyakit dan Terapi Bekamnya, Dr. Ahmad Razak Sharaf
Sumber foto : https://www.instagram.com/rumah.bekam.pontianak/


















Rumah Bekam Pontianak

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar